Mendagri RI Apresiasi Pemkab Kukar Salurkan Anggaran Pilkada 100 Persen

Apresiasi – Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar menerima buku manajemen penanganan Covid-19 dari Mendagri Tito Karnavian (Foto: Irwan)

Balikpapan – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi atas percepatan penyaluran anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Saya mengapresiasi atas kecepatan penyaluran anggaran pemilukada oleh Kabupaten Kutai Kartanegara, termasuk menfasilitasi penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu dengan APD (Alat Pelindung Diri) ditengah pandemi Covid-19. Tentunya ini akan mempermudah dan mempercepat proses tahapan pilkada dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” Apresiasi Tito Karnavian dalam Rakor Persiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 dihadapan para Bupati/Walikota se-Kaltim termasuk Wakil Bupati Kukar H Chairil Anwar di Hotel Novotel, Balikpapan, Sabtu (18/7/2020).

Adapun dalam arahannya, Tito Karnavian menyampaikan dua hal terkait yakni masalah kesiapan pilkada serentak 2020 khususnya di Kaltim dan percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Pilkada merupakan amanat Undang-Undang dan sesuai dengan PKPU No. 2 Tahun 2020 yang harus dilaksanakan, walau ditengah pandemi covid-19. Diharapkan dengan pagelaran Pilkada 9 Desember 2020 mendatang akan mempercepat penanganan Covid-19,” katanya.

Menurut Tito, menjabarkan terkait dengan pandemi bahwa berdasarkan analisis dunia bahwa skenario berakhirnya Covid-19 yakni dengan menghadirkan vaksin yang saat ini sedang dalam penelitian dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu vaksin tersebut perlu diproduksi masal dan distribusi paling tidak kepada 2/3 populasi penduduk dunia. “Ya, ini artinya, vaksin itu akan membiarkan daya tahan imunitas untuk secara alami memerangi virus covid-19. Akan tetapi belum tentu sesuai dan Indonesia harus siap pada kemungkinan mencari vaksin yang sesuai,” ujarnya.

Ditambahkan Tito Karnavian menyebutkan bahwa tidak ada satu pun otoritas resmi dunia yang menjamin kapan pandemi Covid-19 ini akan selesai.

“Yang ada adalah skenario berakhirnya pandemi, untuk itu pelaksanaan Pilkada serentak yang tadinya dilaksanakan September ditunda, dan Bismillah akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar menyambut baik dan mendukung apa yang disampaikan oleh Mendagri Tito Karnavian terkait pilkada serentak 2020.

“Sesuai arahan Mendagri tahapan proses Pilkada di Kukar tetap berjalan sebagaimana mestinya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19,”. Jelasnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.